Saturday, March 20, 2010

Kondisi Alam Paling Ekstrim di Bumi

Gan, kebanyakan dari kita suka ngeluh kalo hari panas banget atau hujan turun terus-menerus, ya kan? Nah, Ane mau kasih tahu nih Gan bhw faktanya ada kondisi2 terekstrim di bumi yang gak terbayangkan. Pas cuaca atau kondisi kita lagi kurang enak, coba diingat Gan kalo ada yg lbh parah lagi seperti berikut ini:

Angin Terkencang
Spoiler for tornado:

Quote:
Angin puting beliung alias tornado ini kekuatannya F5 alias yg paling besar pernah tercatat Gan. Terjadi tanggal 3 Mei 1999 di Oklahoma, AS. Kecepatan anginnya tercatat 318 MPH atau 512 KM/jam Gan!
Spoiler for kondisi setelah tornado:
Tuh Gan, rata sama tanah


Daratan Terkering
Spoiler for Antartika tapi gak ada esnya Gan!:

Quote:
The Dry Valleys di Antartika tercatat sebagai daratan paling kering di dunia Gan. Daerah ini sudah 2 juta tahun gak dituruni hujan Gan...dan sampai sekarang masih belum turun hujan juga! Hal ini karena ada angin kencang berkecepatan 200 MPH (321 KM/jam) yang menyapu semua kelembapan, sehingga daerah ini satu2nya di Antartica yang gak diselimuti es.
Daerah Terpanas

Spoiler for gurun terpanas:

Quote:
Gurun Lut yang terletak di Iran ini pernah mencapai suhu 159 derajat Farenheit alias 70,5 C! Bayangin Gan! Saking panasnya, gak ada mahluk hidup yang tahan hidup di situ Gan.
Daerah Terdingin
Spoiler for es:

Quote:
Nah, apalagi kalo bukan Antartika Gan. Suhu terendahnya tercatat -129 F atau -53,8 C. Lebih dingin dari kulkas kayaknya Gan...brrrrr. Yang unik, Antartika tercatat selain sbg daerah paling dingin sedunia, juga terbasah dan terkering (di daerah yg berbeda tentunya)!
Curah Hujan Terbanyak
Spoiler for hujan:

Quote:
Pulau La Reunion di Samudra Hindia tercatat pernah mendapat curah hujan tertinggi. Selama tanggal 15 dan 16 Maret 1962, pulau ini mendapat curah hujan sebesar 74 inci alias 29 cm.
Petir Terpanjang
Spoiler for samber gledek Gan!:

Quote:
Petir yang disebut Superbolt terpanjang yg pernah tercatat adalah di Waco, Texas sepanjang 118 miles alias 189,9 km.

Letusan Gunung Vulkanis Terbesar
Spoiler for gunung:

Quote:
La Garita Caldera di South West Colorado, AS tercatat sebagai letusan volkanik terbesar dengan kekuatan sebasar 8 dan memuntahkan lahar yang dapat meliputi daerah seluas 1931 km persegi.
Palung Laut Terdalam
Spoiler for palung:

Quote:
Dekat Indonesia nih Gan, tepatnya di laut Pasifik. Palung laut atau lubang dalam di lautan ini bernama Mariana dan dalamnya 10,9 km.
Gempa Terbesar
Spoiler for gempa:

Quote:
Yang pernah tercatat adalah di Chile. Disebut sebagai Gempa Valdivia dan terjadi pada 22 Mei 1960, gempa ini berkekuatan 9,5 Skala Richter. Gempa ini disertai tsunami setinggi 25 meter!
Sumbernya dari sini nih Gan:
http://mediacaffeine.com/perspective...-of-the-world/

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3526818

0 comments:

Post a Comment

 

World Wallpaper Dekstop Sponsored by liza Caem