Wednesday, April 7, 2010

Ikan Herring dan Isu Gempa Jepang

Quote:
Ikan Herring dan Isu Gempa di Jepang - Karena dalam kurun beberapa hari telah tertangkap puluhan Ikan Herring raksasa di Jepang, maka hal inipun membuat gundah warga masyarakat Jepang terhadap akan terjadinya sebuah gempa besar, sebab sebagian besar masyarakat Jepang masih meyakini, bahwa bila Ikan Herring tertangkap dalam jumlah besar, maka biasanya akan terjadi sebuah bencana alam.


Tertangkapnya Ikan Harring adalah hal yang sungguh sangat langka di Jepang, dan menurut cerita tradisional di Jepang, ketika ikan Herring tertangkap, maka negeri sakura tersebut sedang rawan akan terjadinya sebuah bencana.

Akibat kemunculan Ikan Harring di Jepang baru-baru ini telah beredar isu bahwa gempa Chili yang terjadi beberapa waktu lalu akan segera menyusul terjadi di Jepang. Mitos gempa dan fenomena tertangkapnya Ikan Harring di Jepang ternyata didukung oleh teori-teori ilmiah yang menyebutkan bahwa ikan perairan laut dalam sangat sensitif terhadap pergerakan-pergerakan lempengan bumi.

Ikan herring raksasa biasnya tumbuh besar dan bisa mencapai panjang 5 meter dan hidup pada kedalaman laut dibawah 1.000 meter. Ikan herring jarang muncul di kedalaman 200 meter, namun akhir-akhir ini ikan ini banyak ditemukan di lepas pantai dan terkena jaring para nelayan.

Apakah benar itu merupakan tanda akan terjadi gempa? Deputi direktur Pusat Gempa Kobe, Hiroshi Tajihi mengatakan, "Zaman dulu, orang Jepang percaya bahwa ikan bisa memperingatkan akan terjadinya gempa, terutama ikan lele. Namun, itu hanya takhayul dan tidak ada hubungan ilmiah antara kemunculan ikan itu dengan gempa." Tetapi masyarakat Jepang haruslah tetap waspada karena hewan terbukti sering memberikan peringatan dini akan datangnya bencana alam.

SUMBER
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3544037

0 comments:

Post a Comment

 

World Wallpaper Dekstop Sponsored by liza Caem