Wednesday, April 7, 2010

Pintu Istana Cleopatra Diangkat dari Laut

231087fadly's Avatar

UserID: 578166
Join Date: Nov 2008
Location: ICI Garis Keras
Posts: 951
231087fadly  sedang di jalan yg benar
Pintu Istana Cleopatra Diangkat dari Laut



Arkeolog mengangkat menara kuil seberat 9 ton dari perairan di Laut Mediterania yang dulu pernah menjadi kompleks istana Cleopatra sebelum tenggelam di Alexandria, Mesir, Kamis 16 Desember 2009.

Menara yang dulu berdiri sebagai pintu masuk kuil Dewa Isis itu kelak akan menjadi salah satu benda berharga dari proyek ambisius Mesir, sebuah museum bawah laut. Ini merupakan upaya pemerintah Mesir untuk memamerkan 'kota yang tenggelam' yang diyakini berubah menjadi lautan akibat gempa bumi pada abad keempat.

Penyelam dan arkeolog bawah laut menggunakan mesin derek raksasa dan tali untuk mengangkat menara setinggi 7,4 kaki dan berbobot 9 ton yang tertutup kotoran dan rumput laut tersebut. Menara tersebut adalah bagian dari istana dinasti Ptolemaic yang memerintah Mesir dan di mana Ratu Cleopatra dari abad 1 Sebelum Masehi merayu jenderal Roma, Marc Antony, sebelum mereka berdua bunuh diri setelah dikalahkan Augustus Caesar.

Kuil itu yang dipersembahkan untuk Isis, dewa kesuburan dan kekuatan gaib, itu berusia sedikitnya 2.050 tahun, tetapi arkeolog yakin usia kuil lebih tua lagi. Menara itu berasal dari potongan lempengan granit merah yang digali di Aswan, sekitar 700 mil (lebih dari 1.100 kilometer) ke selatan Alexandria.

"Pemujaan terhadap Isis sangat luar biasa, tidak heran Cleopatra memilih seperempat hidupnya untuk tinggal di dekat kuil itu," kata geo-arkeolog Jean-Daniel Stanley dari Smithsonian's National Museum of Natural History.

Istana Cleopatra dan bangunan serta monumen lain sekarang terbaring berserakan di dasar laut pelabuhan Alexandria, kota terbesar kedua di Mesir. Sejak 1994, arkeolog telah mengeksplorasi reruntuhan yang merupakan salah satu penggalian terbesar di Mediterania. Sebanyak 20.000 objek lainnya tersebar di bagian lain perairan Alexandria, kata Ibrahim Darwish, kepala departemen arkeologi bawah laut Alexandria


http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2956431

0 comments:

Post a Comment

 

World Wallpaper Dekstop Sponsored by liza Caem