Friday, May 14, 2010

Inilah 10 Foto Terbaik "Nature"


Spoiler for 1. Split Rock and Clouds:
Lokasi: Eastern Sierra, California, tahun 1976.

Fotografer: Galen Rowell (1940-2002) adalah seorang ahli tentang penggabungan kualitas cahaya natural dan komposisi. Ia jeli melihat awan cirrus yang teriluminasi, di saat ia sedang mendaki salah satu lokasi California's Eastern Sierra Nevada di sore hari. Sebenarnya, ia bisa saja langsung memfoto awan itu saja--yang tentunya kurang informatif, sehingga ia mencari batu granit disekitarnya, agar cocok dan bisa dikomposisikan dengan awan tersebut, dan mencari posisi yang tepat untuk memfoto. Ia hanya perlu menunggu 30 detik setelah memasang Nikon-nya dengan tripod, dan komposisi yang tepat pun didapat.

Spoiler for 2. Petrified Sands and Reflection:
Ini foto mengenai pasir yang membatu dan refleksi dari air yang tergenang di daerah itu. Lokasi: Paria Canyon, Vermilion Cliffs Wilderness, Arizona. Foto ini diambil oleh Jack Dykinga, seorang fotografer dan jurnalis pemenang Pulitzer. Ia memfoto obyek ini sebagai kampanye untuk pembuatan Monumen Nasional di Paria Canyon dan Escalante Canyon. Ia sudah mencoba 6 lokasi obyek foto, di saat musim hujang berlangsung. Akan tetapi, ia tetap saja tidak puas mengenai objek refleksi airnya. Usahanya yang terakhir terbayar sudah, saat ia bepergian ke selatan, dari Salt Lake City dan sampai di Paria Canyon sekitar dini hari. Dykinga bertenda di salah satu mulut sisi Canyon, dan mulai hiking pada 3.30 AM agar sampai di lokasi tepat waktu subuh dan mendapati permukaan refleksi air yang tenang.

Spoiler for 3. Morning Mist:
Lokasi: Rock Island Bend, Franklin River, Southwest Tasmania, Australia.

Foto ini merupakan alat propaganda agar sungai tersebut bisa mengalir dengan bebas. Pertama kali dipublikasikan pada tahun 1983, mengenai pemilu federal Australia dengan slogan "Apakah Anda akan memilih partai yang akan menghancurkan keindahan ini?" Publik pun marah besar. Pada 10.40 AM tanggal 1 Juli 1983, Pengadilan Australia memutuskan bendungan Gordon Franklin adalah ilegal. Sungai itu masih mengalir sampai sekarang.

Spoiler for 4. Water Lilies :
Lokasi: Okavango Delta, Botswana
Fotografer: Frans Lanting

Cerita: "Salah satu tantangan terbesar fotografi bagiku adalah menjelaskan "personal point of view". Saat aku di Botswana, aku mencari cara untuk memfoto esensi dataran basah dan responku sebagai apresiasi.Okavango meliputi ribuan mil, tapi sangat sedikit area basah yang ada di Gurun Kalahari. Saya melihat ada delta dan bunga lili air disitu, hal ini merupakan simbol kehidupan, karena tetap saja bunga itu bisa tumbuh di daerah kering. Aku memfoto bunga lili itu, yang tersebar di permukaan air, dan dikelilingi oleh buaya. Aku nekat menyelam, dan beberapa kali memfoto."

Spoiler for 5. Giant Tortoise:
Lokasi: Alcedo Volcano, Kepulauan Galapagos
Fotografer: Frans Lanting

Cerita: Kepulauan Galapagos memiliki riwayat waktu. Dalam aspek geologis, pulau ini berusia masih muda, tetapi berpenampakan tua. Hewan khasnya adalah kura-kura darat (tortoise) yg mampu hidup lebih dari 100 tahun. Hewan ini merupakan inspirasi Charles Darwin untuk teori revolusinya. Hewan ini terkurund di dalam kaldera, sampai pada akhirnya ditemukan pada tahun 1965 oleh biologis Ekuador. Ternyata banyak tortoise disana, yang baru saja melihat manusia untuk pertama kalinya.

Spoiler for 6. Seeing Double:
Lokasi: northern tip of Baffin Island, 2006
Fotografer: Paul Nicklen

Obyek merupakan pantulan dari icy water, seekor polar bear berenang submerged--sebuah taktik yg sering dipakai untuk mengejutkan mangsa. Peneliti berpikir dalam abad ini beruang tersebut bisa punah.

Spoiler for 7. Elephant Twilight:
Lokasi: Chobe National Park, Botswana
Fotografer: Frans Lanting

Cerita: Selama aku di Botswana, aku bekerja di malam hari untuk mengikuti kegiatan binatang di waktu gelap...aku menganggapnya ini sebagai simbol kehidupan di daerah ini dan keputusan manusia yang bersangkutan terhadap tempat liar dan binatang liar.

Spoiler for 8. Australasian Sea Lions:
Lokasi: Little Hopkins Island, South Australia
Fotografer: David Doubile

Cerita: Sekumpulan anjing laut Australia sedang bersantai di rumput laut. Mereka adalah spesies yang ingin tahu, mereka bahkan memainkan lensa kamera, dan mengelilingi fotografer. Hingga mereka tiba-tiba berenang dengan cepatnya menuju pantai. David Doubile pun kebingungan, dan ikut berenang ke pantai. Lalu tidak lama kemudian ada hiu putih besar terlihat olehnya.

Spoiler for 9. Thresher Shark:
Lokasi: Teluk Meksiko, California
Fotografer: Brian Skerry

Cerita: Hiu ini terlilit jala, ini hanya salah satu dari hiu-hiu malang lainnya, yang per tahun dibunuh sebanyak 100 juta ekor, hanya untuk diambil siripnya.

Spoiler for 10. The Dance of Polar Bear:
Lokasi: Cape Chruchill, Canada

Fotografer: Tom Mangelsen
Cerita: Cape Churchill adalah tempat terluas perkumpulan beruang polar di seluruh dunia. Mereka berkumpul dan bersosialisasi sembari menunggu suhu lebih dingin dan membeku. Di saat suasana hampir mendekati "whiteout", beruang berpasangan melakukan "play=fight". Hal ini untuk saling mengukur kekuatan.


http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4114608

0 comments:

Post a Comment

 

World Wallpaper Dekstop Sponsored by liza Caem