Wednesday, May 5, 2010

kreatif 01

Bantal- bantal kreatif

Posted by thesmallideablog in Innovation, Inspiration.
add a comment

perCushion

link

Sebuah bantal yang dapat berhubungan langsung dengan HP Anda lewat bluetooth. Anda dapat ngobrol sambil tiduran, sangat cocok buat terima telepon dari orang yang disayangi juga yang terlalu banyak omong. Bantal yang dibuat oleh Urban Tool ini dibanderol USD 535.

Bantal gamer

link

Sebuah inovasi dari Jepang, sebuah bantal untuk para gamer sejati. Dengan bantal ini kita dapat menyenderkan badan kita ke arah depan, sehingga dapat tetap berkonsentrasi namun tidak mudah lelah.

Glo Pillow

link

Sebuah bantal untuk pasangan tidur bertanggungjawab. Bantal hasil kreasi Ian Walton dari Embryo dan Eoin McNally ini dilengkapi dengan jam dan alarm tanpa suara untuk membangunkan penggunannya. Bantal ini dapat memancarkan sinar cukup terang untuk membangukan penggunannya pada waktu yang telah ditentukan.

Speaker pillow

link

Bantal yang dinamai Sound Asleep Pillow ini dilengkapi dengan speaker di dalamnya. Anda tinggal menghubungkannya dengan iPod atau MP3 player yang lain, sehingga Anda dapat tidur dengan mendengarkan alunan lagu lembut kesayangan Anda.

Bantal pangkuan

link

Banyak orang yang membutuhkan perasaan sayang dari seorang wanita, namun tidak dapat memenuhinya, di Jepang, tersedia sebuah bantal berbentuk (maaf) paha wanita untuk meletakkan kepala kita.

Bantal alarm getar

link

Bantal buatan Vessel Jepang ini dilengkapi dengan jam dan alarm getar, sehingga dapat membangunkan penggunanya tanpa membangukan pasangan tidurnya.

Bantal pelukan

link

Sama juga di Jepang, tersedia Boyfriend Arm Pillow, berbentuk pelukan lengan pria lengkap dengan baju lengan panjangnya. Diperuntukkan bagi wanita- wanita yang mendambakan kasih sayang dari seorang pria.

Polar memory foam pillow

link

Bantal canggih ini menggunakan busa pengisi yang mampu mencetak bentuk kepala dan leher Anda, sehingga penggunanya akan memperoleh kenyamanan yang optimal. Ditambah bantal ini empat kali lebih dingin dibandingkan dengan bantal sejenis.

Bantal anti dengkur

link

Bantal buatan Francebed dari Jepang ini mampu bergetar bila penggunanya mendengkur hingga batas tertentu, sehingga secara reflek penggunanya akan merubah posisi tidur yang diharapkan dapat mengurangi intensitas dengkurannya.

Posted by Adi Widjaja, M.Sc.

Inovasi dari Rubik’s Cube

Posted by thesmallideablog in Innovation, Inspiration.
add a comment

Rubik’s Cube adalah mainan asah otak yang diciptakan oleh seorang jenius dari Hungaria ErnÅ‘ Rubik. Hingga saat ini mainan berbentuk kubus (cube) ini terbuat dari plastik, terdiri atas 26 kubus kecil yang dapat berputar pada porosnya. Setiap sisi dari kubus ini memiliki sembilan permukaan yang terdiri dari enam warna yang berbeda, di mana produk klasik memeiliki warna: merah, putih, kuning hijau, biru, dan kuning. Ketika teka-teki ini terpecahkan, setiap sisi dari kubus ini memiliki satu warna dan warna yang berbeda dengan sisi lainnya. Hingga saat ini mainan ini telah terjual lebih dari 350 juta buah di seluruh dunia. Karena itu banyak orang mulai berkreasi dan berinovasi dengan menggunakan mainan ini sebagai sumber inspirasi untuk membuat mainan baru yang lebih seru, berikut sebagian dari mereka.

Sudokube

link

Gabungan antara permainan angka sudoku dari Jepan dengan Rubik’s Cube. Nggak kebayang susahnya.

Pentamix

link

Rubik’s Cube tersusah. Rubik’s Cube tradisional hanya memiliki 26 bidang yang harus disatukan warnanya, monster game buatan Jason Smith ini memiliki 1.212 bidang.

Rubik’s Cube Braille

link

Karya dari Konstantin Datz, memungkinkan para tunanetra dapat bermain Rubik’s Cube.

Blind Cube

link

Untuk menambah susahnya Rubik’s Cube, beberapa konsep menawarkan sebuah Rubik’s Cube dengan permukaan yang tidak rata atau bertekstur, sehingga pemain tanpa melihat dapat merasakan tekstur permukaan cube dan mencocokkannya manjadi satu sisi dengan tekstur yang sama

3-D IQ Sphere: Rubik’s Ball

link

Bila Anda sudah bosan dengan yang kotak, sekatrang tersedia dengan bentuk bulat seharga USD 9.

Piraminx

link

Bosan dengan yang kotak dan yang bulat, kini ada yang berbentuk piramid.

Glass Rubik

link

Bila hampir kebanyakan Rubik’s Cube terbuat dari plastik, yang satu ini terbuat dari kaca tembus pandang. Bila kita sudah frustasi dengan permainannya, kita dapat gunakan sebagai pajangan meja yang cukup indah.

Dimond Rubik

link

Mungkin salah satu Rubik’s Cube termahal, dibuat oleh Diamond Cutters Internationaluntuk memperingati ulang tahun Rubik’s Cube ke-15. Total terbuat dari emas murni yang dihiasi berbagai batu permata beraneka warna sebanyak 185 karat.

Rubik’s Slide

link

Dengan Rubik’s Cube tradisional kita harus memecahkan enam sisi dengan kesempatan melihat keenamnya. Dengan Rubik’s slide Anda harus menyelesaikan enam sisi, tapi hanya dapat melihat satu sisi. Bisa kebayang susahnya memainkan Rubik elektronik ini.

Posted by Adi Widjaja, M.Sc.

Inovasi untuk hewan piaraan April 29, 2010

Posted by thesmallideablog in Innovation.
Tags: , , , , , , ,
add a comment

Meja dengan tempat tidur kucing

link

Sebuah karya menarik dari Koichi Futatsumata bagi pecinta kucing.

Dog Umbrella

link

Dengan US$ 25, Anda dapat mengajak anjing kesayangan Anda tetap berjalan- jalan di tengah hujan. Payung ini berfungsi pula sebagai rantai pengikat.

Pelampung untuk anjing

link

Siapa bilang semua anjing jago berenang. Dengan pelampung ini, Anda akan merasa aman membiarkan anjing Anda berenang- renang di kolam atau di laut. Terbuat dari nylon dan busa berteknologi. Tersedia dengan harga USD 90 dengan berbagai ukuran.

Pencari kucing hilang

link

Dengan inovasi ini, Anda tidak perlu kebingungan mencari kucing Anda yang sedang bersembunyi entah ke mana di dalam atau luar rumah, asalkan tidak lebih dari 200 feet. Alat ini akan berbunyi semakin nyaring bila berdekatan dengan kalung khusus yang kita pasangkan pada leher kucing kita.

Rantai anjing penghasil listrik

link

Rantai pengikat anjing canggih ini mampu menghasilkan listrik untuk menyalakan lampu led guna memberi tanda pada pengendara kendaraan ketika kita harus membawa anjing kita berjalan- jalan di malam hari. Listrik dihasilkan dari berputarnya rol penggulung pengikat anjing akibat tertarik oleh sang anjing.

Ransel untuk anjing piaraan

courtesy of Women Life Style

link

Dengan ransel ini Anda dalat menggendong piaraan Anda yang mungkin kelelahan akibat terlalu banyak berjalan. Kecuali anjing, tas ini juga dapat digunakan sebagai tas untuk laptop Anda.

Dispenser untuk manusia dan hewan piaraan

link

Dispenser ini diperuntukkan bagi penyayang binatang. Bagian atas untuk pemiliknya, bagian bawah terdapat mangkok untuk hewan peliharaannya. Pada sisi bawah, dispenser ini dilengkapi dengan sensor infra merah yang secara otomatis akan mengisi mangkok bila hewan peliharaan kita meninggalkannya, dan otomatis akan berhenti mengisi ketika mangkok telah penuh.

Pembeku kotoran anjing

link

Dengan produk ini kita dapat membekukan kotoran anjing dengan bentuk apapun sehingga mudah untuk diambil dan dibuang. Ketika disemprotkan, kotoran akan diselimuti lapiasan putih yang keras sehingga tidak terlalu menjijikkan ketika harus diambil.

Posted by Adi Widjaja, M.Sc.

Iklan- iklan sepak bola keren (3) April 24, 2010

Posted by thesmallideablog in Creative ads.
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
add a comment

Iklan Adidas +10, Impossible Series, link

Iklan Mitre, seri Fastest Football link

Cristiano Ronaldo untuk Emporio Armani, link

Iklan ESPN urinoir, link

Iklan Puma, seri celebrate link

Iklan Fifa World Cup 2010 di Afrika Selatan, link

Iklan Fifa World Cup 2006 , link

Iklan Fifa U-20 Wold Cup 2007 di Canada, link

Iklan Adidas Beach Soccer, link

Iklan Nike, Joga Bonito Series, link

Iklan Nike, Joga Bonito Series, link

Iklan Nike, Joga Bonito Series, link

Iklan Nike, Joga Bonito Series, link

Iklan Nike, Joga Bonito Series, link

link

link

Posted by Adi Widjaja, M.Sc.

Produk kreatif yang diinspirasi pistol

Posted by thesmallideablog in Innovation, Inspiration.
add a comment

Pistol pencacah daging

link

Pencacah daging berbentuk pistol ini adalah souvenir yang diberikan oleh NRA (National Rifle Association), Perbakin-nya Amerika Serikat bagi anggota barunya yang telah membayar biaya keanggotaannya sebesar USD 35.

Pistol kamera

link

Aimat, kamera berbentuk pistol ini didesain oleh Franziska Dierschke. Cara membidikkannya seperti membidik dengan pistol.

Alcohol Shot Gun

link

Cara baru untuk menikmati liquor/ minuman keras. Alat berbentuk pistol ini dapat menembakkan liquor ke mulut menggantikan fungsi shot glass (gelas kecil untuk menenggak minuman keras).

Sabun pistol

link

Sebuah sabun dari Jerman berbentuk pistol. Sabun ini tersedia dengan berbagai aroma provokatif seperti Guns and Roses, HoneyBunny, Angels Tears, dan lain- lain.

Sisir pistol

link

Sebuah produk super unik, sebuah sisir berbentuk pistol, sangat menarik ketika disimpan di kantong belakang.

T-shirt pistol

Courtesy of Delish

link

T-shirt kreatif seharga USD 50 ini membuat seolah- olah penggunanya sedang menyelipkan pistol di pinggangnya.

Pistol saus

link

Sebuah botol saos berbentuk pistol, dapat diisi saos tomat atau mayonaise. Untuk mengeluarkan saos dapat dilakukan dengan menarik pelatuknya.

Cetakan telur berbentuk pistol

link

Ide yang sangat unik, kita dapat membuat telur mata sapi atau telur dadar berbentuk berbagai senjata api.

Sepatu pistol

link

Seri sepatu keluaran Chanel ini diinspirasi oleh serial Miami Vice.

Dompet pistol

link

Dompet pria bernama The Koffski No. 1 ini diinspirasi oleh sarung pistol. Dengan 35o Euro, dijamin tidak ada copet yang berani mendekat.

Posted by Adi Widjaja, M.Sc.

Alat transportasi inovatif

Posted by thesmallideablog in Innovation, Inspiration.
add a comment

Sejak jaman dahulu para kreator berusaha menciptakan berbagai jenis kendaraan atau alat transportasi untuk mempermudah pergerakan dari satu tempat ke tempat lain. Saat ini kebutuhan- kebutuhan yang lain turut menginspirasi alat transportasi yang ada, berikut di antaranya.

Segway

Courtesy of Planet Damage

link

Kendaraan tipe baru ini hanya memiliki dua roda yang sejajar bersebelahan, bukan di muka dan belakang seperti sepeda. Kendaraan bertenaga batere ini hanya dikendalikan dengan sensor yang mengenali kecondongan berat tubuh kita, sehingga hanya dengan memberatkan badan kita ke salah satu sisi. kendaraan ini akan bergerak ke arah sana. Inovasi luar biasa dari kendaraan ini adalah kemampuan menyeimbangkan diri yang dikontrol sistem komputer canggih.

M400 Skycar

link

Sebuah pesawat terbang ringan dengan 4 penumpang yang diperuntukkan bagi konsumen retail. Pesawat buatan Moller International menerapkan konsep VTOL (Vertical Take-Off and Landing) sehingga tidak memerlukan landasan pacu yang panjang untuk menerbangkan dan mendaratkannya, pengguna dapat menyimpannya di garasi rumahnya dan tinggal landas dari halaman rumah mereka. Pesawat ini dilengkapi pula dengan parasut, yang mampu menahan beban pesawat dan mendaratkannya dengan selamat bila terjadi gangguan mesin di udara.

Aquada

link

Kendaraan keluaran Gibbs Technologies dari Inggris ini adalah gabungan dari sebuah mobol sport dan speed boat. Kendaraan 3 penumpang seharga USD 85.000 ini mampu mencapai kecepatan maksimal 160 km/jam di darat dan 50 km/jam di air.

Transparent Canoe-Kayak

link

Sebuah inovasi sederhana, badan kayak terbuat dari polymer tembus pandang memungkinkan pengendara kayak dapat melihat pemandangan di dalam air. Kayak ini dijual dengan harga $1.600.

Honda UX-3

link

Sebuah kendaraan konsep dari Honda. Kendaraan praktis beroda satu ini stabil dikendarai karena memiliki sistem keseimbangan yang sama dengan yang digunakan pada robot Honda yang legendaris ASIMO.

Subaru WRX STI TRAX

link

Mobil salju keluaran Subaru ini dilengkapi dengan mesin berkekuatan 400 tenaga kuda, dan mampu bergerak lincah di atas salju . Mobil dengan body dari serat karbon ini adalah besutan Ken Block dari tim Monster World Rally Team dan diproduksi olehVermont SportsCar, USA.

Uscull

link

Sudah hal yang umum bila sebuah perahu digerakkan oleh dayung, namun sedikit berbeda dengan konsep dari Milko Ozlu, kreasinya berupa sebuah kapal selam berpenumpang tunggal dengan tenaga penggerak dayung.

Mattracks Powerboard

link

Sebuah konsep baru berkendaraan di atas salju. Berbentuk seperti snowboard, namun dilengkapi sebuah mesin berukuran 200 cc. Kendaraan ini mampu meluncur dengan kecepatan mencapai 18 mile/ jam.

Light Sail 1

link

Sebuah proyek yang di namai Light Sail 1, memanfaatkan gelombang Photon dari matahari untuk mendorong layar dari sebuah pesawat ruang angkasa. Konsep ini memungkinkan sebuah pesawat ruang angkasa bergerak secepat cahaya tanpa perlu menambah bahan bakar lagi. Konsep ini memungkinkan manusia menjelajah ruang angkasa tanpa bahan bakar yang jumlahnya pasti terbatas.

Spaceship Two & Virgin Mothership Eve

Spaceship Two courtesy of Barrel Chested Palpatine

Virgin Mothership Eve courtesy of Space

link

Dengan dua pesawat ini Virgin Atlantic, penyedia jasa tour ke luar angkasa milik Sir Richard Branson akan mewujudkan keinginan 330 pelancong kaya untuk berjalan- jalan ke ruang angkasa dengan tarif USD 200.000. Untuk menuju orbit, pesawat ini akan dibawa oleh sebuah kapal induk yang dinamai Virgin Mothership Eve.

Posted by Adi Widjaja, M.Sc.

Inovasi untuk bumi tercinta (Earth day special)

Posted by thesmallideablog in Innovation, Inspiration.
add a comment

Bumi kita semakin tua dan semakin kehilangan dayanya, beberapa inovasi berikut memperlambat penuaan tersebut dan bahkan memudakannya dengan berbagai pemikiran dan inovasi brilian. Happy earth day!

Seed Bomb

link

Sebuah konsep luar biasa untuk menghijaukan gurun pasir atau lahan yang tidak memiliki vegetasi yang cukup. Dengan menggunakan proyektil ini, benih dapat disebarkan melalui pesawat terbang. Setiap proyektil dilengkapi benih tanaman serta segala hal yang diperlukan tanaman untuk hidup pada kondisi yang ekstrim.

Nike Grind

link

Lebih dari 25 juta pasang sepatu dikumpulkan Nike dari seluruh dunia. Sepatu bekas ini diolah dan diubah menjadi lapisan permukaan berbagai lapangan olah raga seperti basket, tennis, volley, dan area permainan anak- anak di seluruh dunia. Bayangkan berpa banyak natural resources yang dapat dihemat dengan konsep ini.

Naked Can

link

Sebuah konsep jenius dari Harc Lee. Sebuah kaleng minuman dari aluminium tanpa penambahan cat apapun. Informasi dan merek dibuat timbul (emboss) atau terulir (engrave). Dengan kaleng seperti ini akan ada banyak energi yang digunakan dalam pembuatan cat, pengangkutan cat, proses pengecatan, dan pengeringan cat dapat dihemat.

Sumur resapan komunal Tjandramukti

link & link

Sering kali kita melupakan keberadaan air tanah kita, dengan temuan orang Indonesia ini, permasalahan tersebut sedikit banyak dapat terselesaikan. Sumur- sumur dari bambu yang ditanam secara komunal ini adalah rekayasa dari Tjandramukti, peneliti dari Purwodadi (Jawa Tengah). Sumur- sumur ini ditempatkan dalam jumlah yang cukup saling berdekatan/ berkelompok di lahan pertanian (tadah hujan). Gunanya agar air hujan (hujan awal) tidak mengalir ke selokan- selokan, tapi mengalir terlebih dahulu masuk ke sumur, dan meresap ke sekeliling sumur, menekan jebakan udara di permukaan tanah kering yang menyebabkan air hujan sulit masuk ke dalam tanah. Setelah jebakan udara hilang, air hujan selanjutnya akan leluasa meresap ke dalam tanah, tertampung menjadi air tanah hingga musim kemarau dan mencegah banjir bandang yang justru sering terjadi di awal musim hujan.

Toilet tank bank

Courtesy of Flickr

link

Ide sederhana untuk menghemat air. Kantong seharga USD 1,25 ini digunakan untuk mengurangi kapasitas dari bak penampungan air untuk menyiram pada toilet kita, terutama untuk toilet tipe lama yang tidak memiliki alat pengukur air (air untuk menyiram pipis dan air besar). Kantong ini dapat diisi air, dan digantung di dalam bak penampungan, dan dengan tepat akan mengurangi 0,8 galon air yang akan digunakan untuk menyiram.

Smellfree Compost Bin

Courtesy of Home Tone

link

Sebuah konsep dari Joe Brunton. Tempat sampah ukuran mungil ini dapat diletakkan di dapur Anda, dan dapat berfungsi sebagai composter (alat membuat kompos). Tempat sampah ini didesain sedemikian rupa sehingga dapat menyaring gas- gas berbahaya dan bau yang ditimbulkan dari proses pembuatan kompos. Dengan solusi ini, tempat pembuangan sampah akhir yang saat ini sudah kepenuhan akan memiliki waktu lebih panjang sebelum mencapai titik maksimal.

Manga Farming

link

Manga adalah majalah bergambar berukuran sangat tebal yang menjadi favourit warga Jepang. Majalah ini terbit secara berkala sehingga manga- manga lama akan menumpuk memenuhi ruangang- ruangan sempit yang dimiliki oleh warga Jepang akibat mahalnya sewa dan harga rumah. Pilihan terkhir adalah dibuang ditempat sampah. Seorang seniman dari Jepang memiliki konsep yang luar biasa dalam memanfaatkan manga bekas tersebut sebelum akhirnya dibuang, konsepnya di beri nama Manga Farming, di mana majalah lama tersebut digunakan sebagai media tumbuh dari tanaman- tanaman yang dapat dimakan seperti bahan untuk salad.

Cargoshell

Courtesy of SandBoxWorld

link

Pernah lihat truk pengangkut container hilir mudik dengan memuat sebuah kontainer besar yang kosong, bila sebuah mobil mengangkut lebih dari satu kontainer, penghematan bahan bakar dapat dilakukan. Dengan inovasi sederhana namun orisinal dari perusahaan Belanda ini, sebuah truk dapat mengangkut dua atau lebih kontainer kosong.

Balon udara pembangkit listrik tenaga angin

link

Proyek ini dinamai M.A.R.S. Floating Wind Generator, berbentuk seperti balon udara berisi helium tanpa awak, yang mampu berputar karena aliran angin di ketinggiaan sekitar 1000 feet. Putaran tersebut akan menggerakkan bgenerator guna mengsilkan listrik. Konsep ini akan mampu menghasilkan listrik dari sumber yang terbarukan dan mampu menghemat banyak biaya karena tidak memerlukan struktur bangunan yang mahal seperti pada pembangkit angin konvensional.

Posted by Adi Widjaja, M.Sc.

Iklan anti rokok kreatif

Posted by thesmallideablog in Creative ads, Inspiration.
add a comment

Untuk melawan deras dan kreatifnya iklan- iklan rokok komersial, lembaga- lembaga anti tembakaupun membuat iklan- iklan mereka dengan berbagai pendekatan yang sangat kreatif untuk menunjukkan bahaya dari merokok. Berikut sebagian dari iklan- iklan tersebut.

Courtesy of Coloribus

Courtesy of Koi Koi Koi

Courtesy of Ads od The World, link

Courtesy of Ads od The World, link

Courtesy of Ads od The World, link

Courtesy of Uncoached, link

Link

link

link

link

link

link

Posted by Adi Widjaja, M.Sc.

Wanita luar biasa yang terkadang terlupakan

Posted by thesmallideablog in Inspiration.
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
add a comment

Sebentar lagi kita merayakan hari Kartini untuk menghormati emansipasi wanita di negeri kita, kali ini kami ingin menampilkan beberapa sosok wanita luar biasa yang terkadang kita tidak sadar bahwa temuan mereka yang kita gunakan adalah hasil daya kreatif mereka, dan pemikiran- pemikiran yang cemerlang ternyata muncul dari sosok feminim mereka.

Rosa Abendanon – Mandri

Courtesy of Pustaka Daluang

link

Beliau adalah wanita Belanda kawan pena dari R.A. Kartini, yang pada akhirnya menjadi istri dari J. H. Abendanon Menteri Kebudayaan, agama, dan industri di Hindia Belanda. J.H. Abendanon sendiri adalah sosok dibalik diterbitkannya kumpulan surat- surat R.A. Kartini yang sebagian besar kepada istrinya menjadi sebuah buku berjudul Door Duisternis tot Licht (diterjemahkan oleh Sulastin Sutrisno dengan judul Surat-surat Kartini, Renungan Tentang dan Untuk Bangsanya dan Armijn Pane menjadi Habis Gelap Terbitlah Terang). Rosa adalah pihak yang dipercaya memiliki pengaruh besar kepada R.A. Kartini atas pandangannya terhadap emansipasi wanita di Jawa waktu itu.

Mary Anderson

Windshield wiper inventor Mary Anderson by Birmingham Public  Library (AL).

Courtesy of Flickr

link

Pada tahun 1916, beliau menemukan pembersih kaca (wiper) untuk mobil yang mampu dioperasikan oleh pengemudi dari dalam mobil. Wiper pertama temuannya meski masih manual mendapat perhatian luar biasa dari industri mobil saat itu dan menjadi perlengkapan standar dari mobil- mobil yang diproduksi.

Mary Phelps Jacob

Caresse Crosby Brassieres adalah nama perusahaan yang menaungi produksi dari Brassiere yang berarti lengan atas dalam bahasa Perancis. Barassiere adalah breast holder (BH) modern pertama yang nyaman digunakan menggantikan korset, pakaian dalam wanita jaman dulu yang sangat menyiksa penggunanya.

Susan Hibbard

Courtesy of House Cleaning for You

link

Adalah penemu dan pemegang paten duster (bulu ayam/ sulak). Pada 1876, beliau menyusun bulu kalkun menjadi sebuah alat pembersih yang praktis untuk menghilangkan debu di perabotan.

Marie Curie

link

Peraih Nobel dua kali ini bersama suaminya Pierre Curie berhasil menyempurnakan teknologi X ray dan menemukan unsur Radium yang tingkat keradioaktifannya satu juta kali lipat dibandingkan Uranium yang telah ditemukan sebelumnya. Pada perkembangannya Radium juga digunakan sebagai salah satu alternatif pengobatan penyakit kanker.

Stephanie Kwolek

courtesy of IES San Paio

link

Wanita asal Pennsylvania ini menemukan serat Kevlar, suatu bahan yang sangat ringan namun lima kali lebih kuat dibandingkan baja pada tahun 1946 ketika beliau bekerja pada DuPont Company. Serat sintetik ini digunakan untuk berbagai keperluan seperi rompi anti peluru serta pelindung yang lain.

Bette Nesmith Graham

Graham

courtesy of MIT

link

Wanita kelahiran 1924 ini berhasil menemukan liquid paper atau cairan putih untuk menutupi tulisan yang salah (correction liquid seperti merek Tip-Ex atau Pentel).

Dr. Grace Murray Hopper

Courtesy of The Bulletin

link

Purnawirawan angkatan laut US ini adalah jenius dunia komputer mula- mula, beliau menemukan salah satu bahasa pemrograman tertua yang dinamai COBOL (Common Business-Oriented Language) pada tahun 1959. Pada masanya bahasa pemrograman ini digunakan oleh institusi perbankan, keuangan, manajemen, dan emerintahan.

Posted by Adi Widjaja, M.Sc.

Inovasi pada botol galon air mineral dan dispensernya

Posted by thesmallideablog in Business idea, Innovation, Inspiration.
add a comment

Botol galon dengan handle

link

Kebayang sulitnya mengangkat botol air galon yang berat dan besar ukurannya. Sebuah handle atau pegangan pada salah satu sisi botolnya akan sangat memudahkan kita mengangkatnya.

Botol galon yang dapat ditumpuk

link

Menyimpan botol galon memang memakan ruang karena ukurannya yang cukup besar, konsep baru ini memudahkan kita menyimpan botol galon isi ataupun kosong secara vertikal.

Bottom loading dispenser

link

Dengan dispenser ini kita dapat menghemat banyakl tenaga, sebab tidak perlu mengangkat botol air yang berat dan membalikkannya, cukup tempatkan di sisi bawah dispenser, dan air segar dapat dinikmati.

ZeroWater Z-bottle Filtration System

link

Dengan botol ini, kita dapat menggunakan air ledeng untuk langsung diminum melalui dispenser biasa. Botol ini memiliki sistem filtrasi yang mampu menghilangkan kotoran serta bau dari air ledeng.

Dispenser untuk manusia dan hewan piaraan

link

Dispenser ini diperuntukkan bagi penyayang binatang. Bagian atas untuk pemiliknya, bagian bawah terdapat mangkok untuk hewan peliharaannya. Pada sisi bawah, dispenser ini dilengkapi dengan sensor infra merah yang secara otomatis akan mengisi mangkok bila hewan peliharaan kita meninggalkannya, dan otomatis akan berhenti mengisi ketika mangkok telah penuh.

Gallon lift

link

Konsep ini adalah karya dari Prisma Denta Rani, 5o besar semifinalist Djarum Black Innovation Awards. Dengan pegangan ini diharapkan kita akan lebih mudah untuk membawa serta mengangkat botol galon yang penyuh berisi air.

Whitewater Bottled Water Dispenser Set

link

Inovasi sederhana ini dapat menghemat kita puluhan ribu minimal sebab kta tidak perlu membeli dispenser keramik yang memiliki risiko besar pecah atau membeli pompa tangan yang melelahkan. Dengan penyangga botol dan keran inovatif ini, air akan mengalir dengan lancar dengan memanfaatkan tenaga gravitasi saja.

Posted by Adi Widjaja, M.Sc.


http://smallidea.wordpress.com/2010/04/

0 comments:

Post a Comment

 

World Wallpaper Dekstop Sponsored by liza Caem