Wednesday, May 5, 2010

kreatif 06

Inspirasi dari makanan February 18, 2010

Posted by thesmallideablog in Business idea, Innovation, Inspiration.
add a comment

My favorite animal is steak. ~Fran Lebowitz (Penulis dari USA)

Makanan memang sumber inspirasi yang tidak pernah habis, berikut sebagian dari produk yang diinspirasi oleh makanan- makanan tersebut.

Stereotype

courtesy of Popsop

link

Banyak makanan yang di nilai kurang atau tidak sehat menonjolkan kemasan mereka yang khas untuk menarik minat konsumen. Konsep kemasan dari Daizi Sheng, desainer dari UK ini meniru kemasan- kemasan tersebut untuk mengemas makanan sehat, sehingga orang akan lebih mudah berpindah menuju kebiasaan yang lebih sehat. Ada wortel yang dikemas seperti rokok, batang seledri yang di kemas seperti frech fries, dan blueberries yang dikemas seperti blister permen nicotine.

Bing Lee’s Delectables

link

Seri karya seni rajutan dari Ed Bing Lee ini terinspirasi oleh makanan- makanan populer seperti burger, pie, ice cream, dan lain- lain.

Choc-U-Lator

link

Kalkulator dengan tenaga matahari ini benar- benar menyerupai sebatang permen coklat, dan yang luar biasa, produk ini dikemas seperti coklat batangan dan mengeluarkan aroma coklat.

Sushi Disk

link

USB flash disk hand made berharga mulai dari USD 50 ini sangat realistis menyerupai bentuk dari sushi.

Cankingz

link

Kreasi dari Muhamad Rois Abidin ini memenangkan kontes Black Innovation Awrads 2009. Tas ini digunakan untuk menenteng durian, di mana durian dapat terlindungi dengan baik dan orang disekitar pembawa durian serta pembawanya juga terlindungi dengan baik pula. Tas ini juga dilengkapi radio yang dapat digunakan (menurut saya) untuk mengamati pergerakan harga durian.

Watermelon Scarf

link

Scarf rajutan karya dari Twinkie Chan seharga $120 ini terinspirasi oleh potongan buah semangka

AOK’s An Apple a Day Calendar

link

Kalender dari perusahaan AOK Insurance (Jerman) ini terinspirasi oleh ungkapan “an apple a day keeps the doctor away“. Penanggalan ditunjukkan dengan jumlah apel yang kita makan. Kalender ini mungkin hanya bisa dipakai di tempat dingin dan bukan tempat umum, kalau di Indonesia bisa- bisa apel sudah busuk sebelum tanggal 31, atau sudah habis dihabiskan teman kantor.

18/02/10 – Adi Widjaja, M.Sc.

Siapa bilang orang Indonesia kurang kreatif? February 15, 2010

Posted by thesmallideablog in Innovation, Inspiration.
3 comments

Terkadang kita terlalu mengagung- agungkan segala hal kreatif yang berasal atau ditemukan oleh orang dari luar negeri. Orang- orang luar biasa berikut membuktikan pendapat itu salah besar, hasil kreasi dan rekayasa mereka telah berhasil memenangkan kontes- kontes kreatif bertaraf internasional.

iWriteWords

link

Aplikasi untuk iPhone karya Roy Winata dan timnya dari Bandung ini berhasil memenangkan predikat 2009 Best App Ever untuk kategori preschool dan dipilih oleh Apple Inc. sebagai salah satu Staff Favorite pada bulan November 2009

Accupunto

link

Kursi karya Leonard Theosabrata ini berhasil memenangkan berbagai kontes bergengsi, diantaranya Red Dot Design Award 2003 di Jerman, Well tech Award 2006 di Itali, dan mendapat kesempatan untuk dipamerkan di Museum Science and Technology selama Milan Fair pada tahun 2006.

Iklan Panasonic Nose Trimmer: Baldie

link

Iklan outdoor ini berhasil memenangkan penghargaan silver untuk kategori iklan outdoor pada kompetisi iklan bulanan yang dselenggarakan Ads Of The World periode November 2009. Iklan ini dibuat oleh tim kreatif Saatchi & Saatchi Indonesia.

Robot DU-114

courtesy of Indonesia Proud

link

Robot ini membuat nama Indonesia harum dalam kompetisi internasional International RoboGames di San Fransisco, Amerika Serikat. Robot hasil rekayasa dari tim UNIKOM (Universitas Komputer Indonesia), Bandung ini memenangkan medali emas untuk kategori robot pemadam api.

Perangko We Can End Poverty

courtesy of International Stamp News

link

Bryan Jevoncia, pelajar kelas 2 SD dari Pontianak berhasil meraih juara pertama lomba desain perangko tingkat internasional yang diadakan oleh PBB dengan tema memerangi kemiskinan. Karya Bryan mengalahkan 12.000 pesaing dari seluruh dunia. Lukisan Bryan menggambarkan seorang ibu yang sedang menjahit dengan dibantu oleh anak- anaknya, dan saat ini diabadikan menjadi salah satu perangko khusus PBB dengan nilai 94 cent.

Hook Bag

link

Karya Bondan Harnoko Soenggono ini memenangkan Design-A-Bag Competition 2009 yang di-organize oleh Fashion Access dalam kategori tas pesta kelompok non student.

15/02/10 – Adi Widjaja, M.Sc.

Koper unik February 13, 2010

Posted by thesmallideablog in Inspiration.
add a comment

Trolley Scooter

link

Desain bersama antara Samsonite dan Micro Scooter menghasilkan kombinasi yang sangat menarik, sebuah koper tyang tergabung dengan otoped. Sangat cocok untuk orang yang super sibuk.

Flightable

link

Sebuah koper yang digabungkan dengan meja serbaguna. Sangat membantu para eksekutif yang bepergian.

Live Luggage Series

link

Produsen koper ini spesialis membuat koper yang bermotor, sehingga seberat apapun bawaan kita, kita tidak perlu capai- capai mendorong atau menariknya.

Jet Cart with Seat

link

Koper dari nylon tahan air ini dilengkapi dengan sebuah tempat duduk portable. Sangat cocok untuk naik pesawat di Indonesia, di mana kursi tunggu kurang dan delay pesawat sering. Koper praktis buatan Walkin’ Bag ini di hargai US$ 165.

Suitcase Chair

link

Dengan konsep yang hampir sama, konsep koper ini menawarkan kenyamanan duduk bagi pembawa koper. Koper ini menawarkan kursi yang lebih stabil, namun ruang barang yang lebih sempit.

13/02/10 – Adi Widjaja M.Sc.

Charger serba guna February 12, 2010

Posted by thesmallideablog in Inspiration.
2 comments

USB Sun Drive Solar Charger

link

Charger bertenaga sinar matahari ini meski sangat kecil, 64mm x 25.8mm, mampu untuk menambah daya listrik pada laptop, kamera digital, handphone, dan lain- lain. Untuk handphone, gadget dari Korea ini mampu mengisi penuh batere handphone Anda hingga 100 menit masa bicara , dan 25 jam dalam keadaan standby.

Eton FR 160B

link

Produk dari Grundig ini benar- benar lengkap, ada radio multi band, senter, dan charger multi guna untuk handphone, MP3 player, dan lain sebagainya. Tanpa listrik ataupun batere, alat ini hanya menggunakan dinamo yang diputar dengan tangan untuk menghasilkan energi listrik.

Mini Kin Personal Wind Charger

link

Dengan harga US$ 60, Anda dapat menghasilkan listrik untuk men-charge handphone dan IPod Anda hanya dengan tenaga angin. Gadget mini ini dapat ditempatkan di mana saja, tentu di tempat yang berangin.

Dynario

link

Inovasi dari Toshiba ini menggunakan methanol untuk menghasilkan listrik. Pembangkit listrik berukuran mini ini, sekali isi satu botol takaran methanol mampu untuk men-charge dua unit handphone.

The Bonsai Charging Tree

link

Karya Vivien Muller, desain dari Perancis ini mampu mengubah paradigma, bahwa teknologi itu harus berdesain futuristik atau modern. Charger sebaguna dengan memanfaatkan tenaga surya ini berbentuk seperti sebuah pohon bonsai, lengkap dengan potnya. Bonsai ini memiliki 52 lembar daun yang berupa panel surya.

Wind-Up Battery

link

Sebuah konsep menarik dari Qian Jiang, desainer dari China. Batere ini dapat di-charge ulang dengan memutar sebuah engkol mini.

12/02/10 – Adi Widjaja, M.Sc.

Cetakan es batu unik February 11, 2010

Posted by thesmallideablog in Innovation, Inspiration.
1 comment so far

Gin & Titonic

link

Cetakan es desain Jason Amendolara dari Fred Studio ini, dapat mencetak 4 buah kapal dan 4 buah gunung es. Sangat cocok untuk gelas ukuran besar seperti pada saat menyajikan gin tonic dan mengingatkan kejadian tenggelamnya kapal Titanic.

Cool shooter

link

Cetakan dari silikon desain dari Anthony Petrie yang juga bekerja pada Fred Studio ini, dapat mencetak 4 buah gelas shooter (gelas sekali tenggak). Dijamin mendinginkan minuman dan bibir secara instan.

AK Ice Tray

link

Cetakan es keren ini dapat mencetak 10 es batu berbentuk peluru senapan AK yang legendaris. Cetakannya sendiri berbentuk magazine (wadah peluru) dari senapan AK. Cocok untuk James Bond.

Ice Princess

link

Satu lagi dari Fred Studio. Cetakan es batu ini akan mencetak es batu berbentuk bintang yang dapat langsung menempel pada sedotan yang telah disediakan. Setelah mengeras, es batu dan sedotannya akan embentuk tongkat ajaib impian para little princess.

Frozen smile

link

Fred Studio memang tidak pernah kehabisan ide. Cetakan es batu ini akan menyegarkan suasana pesta Anda. Cetakan ini akan menghasilkan es batu berbentuk gigi palsu. Jangan sampai Anda salah minum dari air rendaman gigi palsu nenek Anda.

Navy Ice

link

Cetakan ini mencetak lambang dari angkatan laut Amerika Serikat, tersedia pula lambang angkatan darat, dan udara.

Snowflake

link

Cetakan es dari silikon ciptaan Innacio Pilotto ini menghasilkan es yang bentuknya sangat indah menyerupai kristal- kristal salju. Terlalu sayang bila dibiarkan mencair.

11/02/10 – Adi Widjaja, M.Sc.

Tempat sampah luar biasa (2) February 10, 2010

Posted by thesmallideablog in Inspiration.
add a comment

Compactor Can

link

Tempat samapah luar biasa ini adalah finalist Housewares Design Awards 2010. Dengan tempat sampah sehargaUS$ 170 ini, kita bisa menghemat penggunaan plastik sampah hingga dua kali lipat (dan bisa beli puluhan tempat sampah baru).

Smellfree Compost Bin

link

Sebuah konsep dari Joe Brunton. Tempat sampah ukuran mungil ini dapat diletakkan di dapur Anda, dan dapat berfungsi sebagai composter (alat membuat kompos). Tempat sampah ini didesain sedemikian rupa sehingga dapat menyaring gas- gas berbahaya dan bau yang ditimbulkan dari proses pembuatan kompos.

Fleury’s Gold Plated Trash Bin

link

Karya Sylvie Fleury, artis dari Swiss ini sebenarnya lebih untuk mengejek dan mengkritisi kehidupan yang terlalu mewah. Tempat sampah yang bersepuhkan emas 24 karat ini di hargai US$ 10.000 – 15.000.

R2D2 Trash Can

link

Di inspirasi oleh salah satu tokoh robot dalam Star Wars, menjadikannya tempat sampah yang harus dimiliki oleh para penggila Star Wars.

Garbage Pin

link

Tempat sampah minil desain dari Ana Cardim ini seharusnya diwajibkan bagi seluruh warga Indonesia, sampai kita bisa dengan mudah menjangkau tempat sampah umum.

10/02/10 – Adi Widjaja, M. Sc.

Kereta bayi (stroller) kreatif February 8, 2010

Posted by thesmallideablog in Innovation, Inspiration.
add a comment

Roller Buggy

Courtesy of Trend Insights

link

Perpaduan antara aotoped dan kereta bayi ini sangat praktis digunakan untuk orang tua yang aktif. Desain Valentin Vodev ini dapat dikebut hingga kecepatan 15 km/jam.

Taga Stroller – Basket – Bike

link

Desain dari Taga ini memenangkan Kind + Jugend Innovation Award 2008, menggabungkan antara kereta bayi dan sepeda. Bila tidak ingin bersepeda, kereta ini dapat juga dibah menjadi kereta bayi berbentuk runner, sangat cocok untuk orang tua yang ingin membawa jogging bayi mereka.Tersedia pula pilihan untuk bayi kembar. Saat ini masih tersedia hanya di Eropa, mungkin sulit masuk ke Indonesia karena dianggap becak.

Runabout Quadruple and Quintuple Strollers

courtesy of www.meridianmagazine.com

link

Kereta bayi ini akan sangat membantu orang tua yang memiliki anak kembar 4 atau 5. Tersedia pula untuk bayi kembar 3. Kereta ini dapat digunakan mulai bayi hingga balita. Dibuat oleh Runabout, spesialis kereta bayi berpenumpang banyak ini dihargai antara US$ 450 – 1.115.

Stokke Xplory

Courtesy of Green Products-1

link

Kereta bayi modern buatan Stokke ini dapat digunakan bayi baru lahir hingga anak 3 tahun. Dibuat dengan kerangka logam ringan tunggal yang kokoh, membuat stroller ini sangat ringan, hanya 10,5 kg. Pegangan dan tempat duduk dapat di naik dan turunkan menyesuaikan ketinggian dan kenyamanan dari pendorong kereta. Semuanya dapat diperoleh dengan US$ 1.199

Bugaboo Cameleon Stroller in Denim

link

Tidak hanya orang dewasa yang ingin tampil keren, bayipun dapat tampil cool dengan kereta blue jean mereka. Kelemahan kereta yang berharga US$ 950 ini adalah bayi yang terima “lungsuran” dari kakaknya akan mendapat kereta yang “belel”. Saya berharap, suatu saat pasti akan muncul kereta bayi batik di Indonesia (atau Malaysia).

08/02/10 – Adi Widjaja, M.Sc.

Penemu yang terlupakan February 7, 2010

Posted by thesmallideablog in Inspiration.
2 comments

Banyak sekali produk yang umum kita gunakan sehari- hari tanpa kita sadari siapa dibalik ide brilian tersebut, bahkan kita menyangka orang lain yang menemukannya.

Nikola Tesla

courtesy of www.electricitybook.com

link

Seorang Amerika imigran dari Serbia. Temuan dia sering kali dianggap temuan Thomas Alva Edison oleh banyak orang. Tesla menemukan gelombang radio, sistem kelistrikan arus AC serta beberapa peralatannya seperti semua sistem listrik yang digunakan oleh kita saat ini (Edison menemukan listrik DC), generator listrik, dan mesin pengerak listrik.

Alexander Parkes

link

Jenius dari Birmingham Inggris ini adalah penemu dan yang mengkomersialisasikan bahan plastik pertama yang dinamainya Parkesine. Namanya kurang populer setelah perkembangan plastik yang menggunakan derivat dari minyak bumi. Parkesine sendiri dibuat dari cellulose nitrate.

Leif Ericson

courtesy of www.evilscale.com

link

Seorang viking yang berhasil mencapai benua Amerika 500 tahun sebelum Christopher Colombus mendarat di sana pada tahun 1492. Nama Amerika sendiri dicetuskan oleh seorang pembuat peta berkebangsaan Jerman Martin Waldseemüller yang diinsipirasi oleh Amerigo Vespucci, seorang keturunan Itali yang diutus oleh raja Portugis untuk mengeksplor Amerika pada 1499 – 1502.

Sir Timothy John “Tim” Berners-Lee

link

Orang dapat menyebutkan dengan mudah siapa pendiri Facebook, Google atau Yahoo. Tapi pada saat ditanya siapa penemu world wide web (WWW) yang merupakan platform dari situs- situs di atas, orang akan kebingungan. Warga Inggris ini bersama dengan muridnya, Robert Cailliau, pada tahun 1990 berhasil mewujudkannya.

Tom Truscott dan Jim Ellis

Tom Truscott, courtesy of www.techcn.com.cn

link

Mark Elliot Zuckerberg boleh menikmati kesuksesan Facebook ciptaannya, namun dia bukanlah ornag pertama yang membuat jejaring sosial di internet (social networking website). Lima tahun sebelum Zuckerberg lahir, pada tahun 1979, Tom Truscott dan Jim Ellis alumni Duke University, North Carolina, USA, mencetuskan ide dan mewujudkan jejaring sosial pertama yang dapat dibaca ataupun diupdate melalui internet yang disebut sebagai newsgroup dengan nama Usenet yang akhirnya menjadi cikal bakal platform Bulletin Board System (BBS)

Dr. Charles R. Drew

link

Warga Amerika Serikat berkulit hitam ini berhasil melakukan penyimpanan darah guna keperluan donor darah pada tahun 1941. Drew juga menemukan cara penyimpanan darah dalam keadaan kering. Drew sendiri pernah menjabat direktur Palang Merah untuk angkatan bersenjata Amerika hanya selama 3 bulan, dia meninggalkannya karena alasan rasisme, di mana dia diharuskan memisahkan darah berdasarkan ras.

07/02/10 – Adi Widjaja, M.Sc.

Toilet umum spektakuler February 5, 2010

Posted by thesmallideablog in Innovation, Inspiration.
add a comment

Toilet tembus pandang

link

Anda bisa menggunakan toilet umum ini di pusat kota Houston. Dindingnya terbuat dari two way mirror, di mana orang di luar toilet tidak dapat melihat ke dalam toilet, sedangkan orang yang sedang “menjalankan tugasnya”, dapat melakukannya sambil melihat orang berseliweran di sekitarnya.

Urilift

link

Urinoir (tempat pipis) unik di London ini sangant menghemat tempat. Tersembunyi di bawah trotoar, dapat menyembul pada saat butuh digunakan. Tidak kebayang kalo ini ada di Jakarta, kita bisa pipis di tengah- tengah pedagang kaki lima.

Jenestrum’s toilet

link

Toilet ini adalah toilet di kantor Jenestrum, seorang miliader eksentrik. Pemandangannya sangat mengagumkan, sangat mendukung kelegaan yang diberikan.

Bukit Bintang Automatic Toilet

courtesy of seniorsaloud.blogspot.com

link

Mungkin hanya ada di Malaysia, toilet umum senilai RM 400.000 ini dijagai oleh seorang Toilet Assistant yang menurut saya lebih mirip seorang resepsionis. 2 asisten dari toilet assistant yang tampak tersebut hanya ada pada saat pembukaan toilet umum tersebut.

Toilet lucu di Bangkok

Sisi pintu sebelah dalam pada toilet cewek

Dinding pada urinoir cowok

link

Toilet ini ada di salah satu gedung di kota Bangkok. Dapat membuat orang tersenyum- senyum sendiri setelah keluar dari toilet.

05/02/10 – Adi Widjaja, M.Sc.

Catur (2) February 3, 2010

Posted by thesmallideablog in Uncategorized.
add a comment

Alastair Mackie’s Amorphous Organic

link

Catur spektakuler ini dibuat dari serangga yang terjebak pada resin yang memfosil, mejanya sendiri dari kayu oak yang berumur 5.000 tahun. Dengan permukaan yang memancarkan cahaya, papan catur ini lebih tepat sebagai barang seni daripada sebuah papan permainan.

Renault F1 Collection Chess Set

link

Set catur seharga US$ 37.000 ini terbuat dari sparepart asli dari mobil balap F1 milik Renault. Terbuat dari alumunium, serat karbon, perak, kulit, baja, dan titanium.

Good vs Evil

link

Catur karya Maurizio Cattelan pada tahun 2003 ini menggambarkan kejahatan melawan kebaikan. Satu sisi yang jahat diwakili oleh karakter porselen seperti Hitler dan 101 Dalmatian’s Cruella DeVille, sedangkan yang baik diwakili Martin Luther King, Dalai Lama, dan Superman.

Alice Chess Set

link

Karya Yasmine Sethimahasiswa tingkat akhirdari Central Saint Martins College of Art and Design. Anak catur yang bening akan menjadi keruh, menutupi identitas anak catur tersebut, ketika diangkat dari papan catur. Anak catur akan kembali transparan setelah diletakkan kembali ke papan catur.

Path: p » strong » a

03/02/10 – Adi Widjaja, M.Sc.


http://smallidea.wordpress.com/2010/02/page/2/

0 comments:

Post a Comment

 

World Wallpaper Dekstop Sponsored by liza Caem