Tuesday, May 4, 2010

Terusan Panama ; Kapal-kapal Raksasa Diangkat Mendaki Bukit

Terusan Panama adalah terusan yang memotong tanah genting Panama

sepanjang 82 km, memotong Amerika Utara dan Amerika Selatan serta

menghubungkan Samudra Pasifik dan Atlantik. Terusan ini memotong waktu

tempuh kapal laut karena tidak perlu memutar lewat ujung selatan Amerika

Selatan.



Karena membelah dataran tinggi, kapal yang lewat kanal ini seperti naik turun

gunung. Untuk itu kapal harus melewati tiga kolam dam. Di mana kapal

diangkat sampai setinggi 26 m di atas permukaan laut dan pada dam terakhir

kembali diturunkan. Jalan pintas sepanjang 82 km itu dilewati hanya dalam

waktu 8 jam. 14.000 kapal per tahun



Spoiler for terusan panama:












[IMG]ttp://i42.tinypic.com/1pvvwg.jpg[/IMG]











Di terusan panama terdapat 3 Lock, yaitu Gatun Locks, Pedro Miguel Locks

dan Miraflores Locks. Kapal yang datang dari arah Samudera Atlantik akan

melewati Gatun Locks dan kapal diangkat 85 feet (26 meter) ke permukaan

danau Gatun, kemudian kapal terus melintasi danau Gatun hingga jarak 23 Mil

(37 Km) sebelum kemudian masuk Gaillard (Culebra). Nah setelah melewati

Gaillard Cut ini kapal kemudian akan berlayar menuju pedro miguel Locks

( panjang gaillard Cut sendiri adalah 8 Mil atau 13 Km ). Sesampai di Pedro

Miguel Locks, nah pada Locks ini ketinggian air akan berubah lebih rendah

yaitu sekitar 30 feet atau 9 m yang kemudian kapal di arahkan berlayar

menuju Danau Miraflores (danau ini lebih kecil ketimbang danau Gatun pada

locks pertama tadi) yang akhirnya akan bertemu Locks terakhir yaitu Miraflores

Locks dan kapal akan kembali di turunkan ke sea level yang lalu kemudian

kapal akan kembali berlayar bebas ke laut lepas ( Samudera Pacifik), Dan total

jarak tempuh dari gatun locks ke miraflorest mencapai 80 Km atau 50 Mil.kapal

kapal sendiri akan di tarik oleh semacam kereta dari sisi sisi kanal pada saat

akan memasuki Locks untuk menjaga posisinya.



Spoiler for konstruksi:
































Tahun 2007 lalu, Terusan Panama mulai diperluas. walau masing-masing dam

panjangnya 305 m, lebar 33,5 m, suatu ukuran raksasa bagi kebutuhan di

tahun 1914. Tapi ini sudah tidak cocok lagi buat kapal-kapal tanker raksasa

maupun kapal-kapal induk atau pengangkut pesawat terbesar AS masa kini.

Kapal pesiar “Queen Elizabeth 2″ misalnya, saat melewati kanal, di kedua sisi

badan kapal itu masing-masing hanya tinggal selisih 75 cm dari dinding dam.

Sedangkan kapal tempur AS “New Jersey” hanya menyisakan ruang tidak

sampai 25 cm di kedua sisinya! Tentu saja ini membuat kecut para pemandu

kapal, yang harus berada di atas kapal saat pengontrol lokomotif kecil yang

menarik kapal-kapal itu memasuki dam lewat rel baja.



Spoiler for kondisi terkini:




















Spoiler for perluasan:
























Secara kongkrit, perluasan terusan Panama akan dibarengi dengan

pembangunan dua pintu air ekstra lebar, yaitu pada awal dan akhir terusan.

Terusan Panama juga akan diperluas dan diperdalam di beberapa tempat.

Proyek ini akan makan waktu paling sedikit delapan tahun dan biayanya

mencapai lebih dari USD 5 milyar.







Spoiler for video animasi (sumbangan dari bedil87):




Quote:
Originally Posted by bedil87 View Post
">


Spoiler for foto satelit (sumbangan dari ancha_cuy):




Quote:
Originally Posted by ancha_cuy View Post
ni gan ane tambahin foto terusan panama terbaru dr luar angkasa :







taruh di depan ya gan..

sip gan, sori fotonya gw kecilin n pindahin ke tinypic.com, biar lebih gampang diakses....



http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2628877

0 comments:

Post a Comment

 

World Wallpaper Dekstop Sponsored by liza Caem