Saturday, February 27, 2010

Ikan-ikan yang Paling Penuh Warna di Dunia

Quote:

Quote:


10. The Rainbow Parrot Fish



Ikan Rainbow Parrot sejenis ikan calcareous, mereka mempunyai moncong seperti paruh burung. Ikan Rainbow Parrot menggunakan paruhnya untuk menghancurkan makanan sejenis invertebrata kecil yang hidup di karang. Di dasar laut, invertebrata, pasir dan terumbu karang menjadi makanan ikan Rainbow Parrot ini, mereka mengunyah karang, invertebrata dan mencernanya, kemudian menyerap sisa kalsium. Dalam kebanyakan spesies, Rainbow Parrot mempunyai warna awal yang merah dan coklat atau abu-abu, dan setelah mereka tumbuh besar akan tampak jelas warna hijau atau biru dengan merah muda atau kuning cerah yang trasparan.
Quote:


9. Clown Fish



Clown Fish juga dikenal sebagai Anemonefish, Clown Fish merupakan jenis ikan yang indah pada umumnya, yang terdiri dari kuning dan oranye pada tubuhnya yang mempunyai garis-garis putih bersama dengan lapisan hitam di sepanjang sirip atau badannya, ini tergantung pada spesies dari Clown Fish itu sendiri (tiap-tiap jenis ikan Clown Fish berbeda-beda). Ukuran mereka berkisar mencapai panjang 18 cm (7.1 inc), sedangkan yang terkecil hampir mencapai 10 cm (3,9 inc).
Quote:


8. Moorish Idol



Inilah salah satu ikan yang paling sulit untuk di temui, jarang orang memeliharanya di akuarium rumah (sulit untuk merawatnya). Untuk itu, butuh keahlian khusus merawat ikan ini, karna jika salah memberi makan, ikan ini akan kekenyangan dan langsung mati. Hanya orang-orang yang mempunyai bakat atau hobi yang tinggi, dapat memelihara ikan jenis ini. Tubuhnya berwarna kontras hitam, putih dan kuning yang membuat mereka terlihat sangat menarik jika di letakkan di dalam akuarium yang besar.
Quote:


7. Mantis Shrimp



Mantis (Udang) Shrimp muncul dalam berbagai warna, dari nuansa coklat ke warna cerah. Meskipun mereka adalah hewan umum di antara predator yang mencari makan di dataran laut yang dangkal (tropis dan sub-tropis). Sebagian banyak spesies udang ini menghabiskan hidup mereka bersarang di dalam liang atau lubang. Sebagian besar jenis udang Mantis ini mampu memecahkan kaca akuarium setebal 1 cm dengan satu serangan yang di buat seperti "tembakan senjata" pada capit sebelah kanan nya yang berukuran besar.
Quote:


6. Symphysodon



Semua spesies Symphysodon memiliki bentuk tubuh tipis. Bentuk tubuh yang tipis ini di dominasi oleh bagian tulang yang banyak, dan kalau di lihat dari samping, ikan ini berbentuk besar dan bulat, inilah bentuk tubuh mereka pada umumnya. Sisi ikan berpola dalam nuansa hijau, merah, coklat, dan biru. Tinggi dan panjang ikan dewasa keduanya sekitar 20-25 cm (8-10 inc).
Quote:


5. Nudibranch



Nudibranch adalah anggota dari spesies siput "bukan ikan" dan juga sering disebut "siput laut" (istilah non-ilmiah). Hal ini mengakibatkan beberapa orang menganggap bahwa setiap siput laut adalah Nudibranch, padahal tidak. Nudibranchs sangat bervariasi dalam hal spesies, dan sangat menarik jika terlihat sedang melayang (berenang) mencari makan.
Quote:


4. Clown Trigger Fish



Berkisar 40 jenis ikan Clown Trigger Fish yang berwarna cerah dan termasuk dalam keluarga Balistidae. Kita dapat mengenalinya dengan garis-garis dan bintik-bintik pada tubuh mereka. Mereka menghuni lautan tropis dan sub-tropis di seluruh dunia, dengan kekayaan spesies terbesar di Indonesia-pasifik. Sebagian besar ditemukan di dalam laut yang relatif dangkal, berhabitat pesisir, dan terutama sering di temui pada terumbu karang.
Quote:


3. Lion Fish



Lion Fish adalah salah satu ikan yang paling berbisa di dasar laut. Lion Fish memiliki duri di siripnya yang sangat berbisa, dan digunakan semata-mata untuk pertahanan diri mereka saat terancam. Ketika terancam, ikan ini sering menyerang dalam sikap badan terbalik dengan punggung yang menghadap ke atas. Awas, sedikit sengatan lion fish biasanya sangat fatal bagi manusia. Jika manusia terkena bisa Lion Fish, dalam 5 menit orang itu akan mengalami rasa sakit kepala secara berkala, muntah, dan sesak napas. Namun Lion Fish adalah salah satu ikan berwarna-warni yang tergolong indah.
Quote:


2. Juvenile Emporer Angel Fish



Ikan ini sangat ligat (cepat menghilang) saat menyelam, lebih cepat dari para penyelam handal (manusia). Namun sebagian besar dari ikan ini tidak mengetahui perbedaan antara manusia dan ikan-ikan lainnya (mereka menganggap manusia dan ikan-iakn lain adalah sama dan mereka tidak takut akan kehadiran manusia). Ikan ini lahir berwarna biru gelap dan putih berbentuk lingkaran cincin di bagian tubuhnya, saat dewasa mereka memiliki garis-garis kuning dan biru, dengan hitam di sekitar matanya. Perlu waktu sekitar 4 tahun bagi angelfish untuk mendapatkan warna yang sempurna dan indah. Mereka tumbuh sampai 40 cm (15,75 inc) panjangnya.
Quote:


1. Mandarin Fish



Mandarin Fish atau Mandarin Dragonet mempunyai tubuh yang kecil, berwarna cerah, oren dan biru pada setiap anggota badannya. Ikan ini sangat populer di kalangan kolektor ikan hias. Cukup sulit mendapatkan ikan ini, selain langka, ikan ni juga di bandrol dengan harga yang lumayan sangat mahal. Sebuah spesies yang kurang terkenal memang, tapi ikan ini sangatlah berharga di pasar dagang ikan-ikan hias. Ikan ini memang mempunyai warna yang paling berwarna-warni dari ikan lainnya. Ikan ini hanya terdapat di pasifik, kepulauan Ryukyu Selatan di Australia. Namun kenapa ikan ini di namai "Mandarin Fish",..? Mungkin karna ikan ini secara tidak langsung mirip naga kecil dan di panggil "Mandarin Dragonet"
sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3464471

0 comments:

Post a Comment

 

World Wallpaper Dekstop Sponsored by liza Caem